Assalamualaikum WR.WB. Selamat malam sobat NostalGames semua. Apa kabar semuanya? Semoga kabar kalian selalu baik yaa.


Mohon maaf saya baru bisa update NostalGames sekarang, mungkin ini memang kurang etis tapi saya cuma ingin menjelaskan saja, kondisi saya kemarin-kemarin ini drop sekali dan tak bisa beraktifitas apa-apa apalagi update blog ini tetapi Alhamdulillah saat ini saya sudah lumayan pulih dan kian membaik, dan semoga selalu baik dan bisa update tiap minggunya (semoga bisa yaa hehehe).



Oke, sebelumnya kita sudah membahas si bundar berwarna kuning yang hobi makan tapi gak gendut-gendut, siapa lagi kalo bukan Pac-Man di salah satu serinya yaitu Pac-Man Arrangement yang bisa sobat simak di sini, tapi saat ini kita akan mengulik salah satu franchise yang terkenal juga yaitu Super Mario dan Donkey Kong, lah kenapa dua-dua? kan yang dibahas satu-satu harusnya. Memang benar kita akan membahas satu game saja kali ini, namun di game ini terdapat kolaborasi antar dua games ternama tersebut. Penasaran kan seperti apa game nya? Tanpa bertele-tele kita ulik dibawah ini.



DESKRIPSI GAME

Game ini merupakan besutan perusahaan game raksasa Nintendo dan dipublis oleh perusahaan itu sendiri pada tahun 2004 untuk konsol Gameboy Advance. Namun tak hanya untuk Gameboy Advance saja, game ini juga melanjutkan perjalanannya untuk konsol Nintendo DS pada tahun 2005, Nintendo DSi pada tahun 2007, Nintendo 3DS pada tahun 2013, hingga Nintendo Wii U pada tahun 2015.

Game ini mengusung genre platform, puzzle, dan action. Untuk ratingnya game ini yaitu Everyone (semua kalangan) dan sangat edukatif sekaligus adiktif banget. Walaupun ini seri game kolaborasi tetapi bukan berarti game ini seperti roms collection seperti yang sobat bayangkan, ini benar-benar murni kolaborasi. 2 game yang sangat berbeda bergabung didalam 1 naungan dunia game dan saling mendukung. Developer game ini menyatakan kalau game ini dibuat dan dirilis untuk merayakan kesukseksan game terdahulu Donkey Kong di konsol Game Boy pada saat itu.







STORYLINE

Untuk storyline nya game ini sama seperti game bergenre platform lainnya, yang memiliki plot yang gak bakal jauh dari judul dan konsep game itu sendiri. Cuma untuk game satu ini untuk plot nya bagi saya pribadi cukup kental dan kuat dibanding game bergenre platform lainnya.

Plot game ini diawali dengan sosok Donkey Kong yang sedang santai menonton televisi melihat ada iklan mainan Mini Mario dan ternyata ia sangat tertarik ingin memilikinya. Langsunglah ia pergi menuju toko mainan terdekat namun sayangnya mainan tersebut sudah habis terjual. Donkey Kong sangat kecewa tapi ia sangat beruntung melihat ada pabrik mainan Mario di daerah itu.

Di dalam pabrik mainan itu dijaga dan diatur oleh bangsa jamur. Namun tak disangka Donkey Kong merampok pabrik tersebut. Donkey Kong mencuri semua mainan yang ia idam-idamkan apalagi kalau bukan mainan Mini Mario. Ternyata Mario tahu semua kejadian itu dan ia segera turun tangan. Mario mendapati Donkey Kong yang sedang membawa karung goni berisikan mainan Mini Mario. Walaupun begitu Donkey Kong tak menghiraukan Mario dan tetap saja berusaha kabur.









GAMEPLAY

Di game ini kita berperan sebagai Mario Bros. Kita akan melewati 6 world, yang didalamnya terdapat 8 level yang terdiri dari 6 level standar yang terbagi lagi menjadi 2 stage, dan 2 level special (level Mini Mario dan Donkey Kong), yang bertujuan untuk mengejar dan merebut kembali mainan Mini Mario dari tangan jahat Donkey Kong. Tenang saya bakal membahas itu semua tapi beda segment yaa hehehe.

Dalam memainkan karakter Mario ini kita harus bisa melewati banyak sekali halang rintang, saya rasa aksi dari si Mario ini selayaknya Pemadam Kebakaran, atlik akrobatik, sampai-sampai saya berpikiran kalau game ini seperti game nya Ninja Warrior hehehe. Selain harus melewati banyak rintangan, kita harus mendapatkan kunci untuk melanjutkan ke stage berikutnya dan mengumpulkan 3 kado berwarna merah, kuning, dan biru. Tiap di stage akhir bukan kunci lagi target kita, melainkan mainan Mini Mario berbalut bola kaca yang telah dicuri Donkey Kong tadi. Game ini tak menuntut skor tinggi layaknya game arcade, tapi jika kita mencapai hi-score maka kita akan mendapatkan bintang emas.

Sebagai penunjang aksi kita dapat melakukan gerakan banyak combo guna menyelesaikan level, diantaranya menaiki tangga, memanjat tali, bergelantungan, hand stand, dll, yang akan ditunjukkan sepanjang kita bermain/menamatkan game ini. Untuk pergerakannya game ini sangat realistis, sebagai contoh jika kita terjatuh dari tempat yang sangat tinggi maka pinggang si Mario akan patah atau pusing.







AUDIO - VIDEO

Untuk audionya menurut saya sangat khas dan lebih identik dengan tema Donkey Kong ketimbang Mario Bros, dengan ala-ala musik jazz dan blues di theme song nya. Untuk visualnya bisa dibilang ini sangat oke untuk game berkonsol GBA. Dengan unsur visual yang nyaris 3D dan efek-efek visual yang cukup realistis.





PKUS - MINUS

Oke kita memasuki plus-minus nya game ini, langsung saja.

Kelebihan :
• Sangat kece dan lucu, cocok untuk dimainkan anak-anak
• Musiknya sangat khas dan sangat soft, sangat bisa bikin santai
• Visualnya sangat apik dan sangat modern di kelasnya
• Gameplay yang unik namun sangat seru, melatih kelihaian sang pemainnya dalam beraksi akrobat
• Level cukup banyak dan cukup berat, sangat cocok jika anda ingin bermain serius tapi cocok juga untuk have fun saja
• Banyak musuh baru daripada Mario Bros dan Donkey Kong, yang memiliki kemampuan masing-masing
• Konten di dalam game cukup variatif


Kekurangan:
• Credits terbatas, hanya life x5, standarisasi game-game pada umumnya
• Tingkat kesulitan cukup melatih kesabaran pemainnya








LEVEL, NILAI DAN KESIMPULAN

Untuk tingkat kesulitannya game Mario VS Donkey Kong ini bisa dibilang <>medium/tricky karena kita dituntut juga lincah dalam bermain. Kalau penilaian menurut saya pribadi adalah 4 dari 5, karena bagi saya game ini cukup sempurna dan minim kekurangan.







Okelah nampaknya hanya itu yang saya bisa bahas disini, karena game Mario VS Donkey Kong ini menurut saya cukup sempurna dan saya sangat suka dengan game ini. Simak terus yaa sobat update an dari NostalGames.id ini! Terima kasih telah membaca sampai habis.

Salam NostalGames \m/