Assalamualaikum WR WB. Salam sejahtera sobat NostalGames! Sudah berabad-abad tepatnya sekitar 7 bulan kita tak bertemu. Apa kabar sobat semua? Semoga selalu baik-baik saja dan semoga tidak lupa dengan blog NostalGames.id ini yaa!



Seperti yang kalian lihat blog ini terlihat sudah berubah seperti blog yang baru dibuat, ibarat pepatah "Wajah Baru Pemain Lama", blog boleh terlihat baru dibuat tapi pemainnya tetap lama hahaha. Dan memang benar adanya, NostalGames.id sudah berubah baik dari segi tema, tampilan, dan konsepnya, semoga ini menjadi awalan baru yang baik untuk kita semua.



Oke kali ini kita akan membahas salah satu seri dari franchise game legendaris yang sangat ikonik, apalagi kalau bukan Pac-Man, dan kita akan mengulas seri "Pac-Man Arrangement". Seri yang bisa saya bilang keren ini ternyata telah menarik perhatian saya selaku empunya blog ini untuk membahasnya di blog ini disaat ini juga. Oke nampaknya basa-basi lepas kangen ini sudah terlalu panjang x lebar alangkah baiknya kita langsung saja ke topiknya.



Deskripsi Game

Game ini dibuat dan dipublikasikan oleh perusahaan raksasa Namco pada tahun 1996 untuk platform arcade, namun untuk yang platform Game Boy Advance (GBA) seperti yang saya bahas ini dirilis pada tahun 2001, untuk XBox dan PS2 tahun 2001, untuk Game Cube tahun 2001, dan untuk konsol PSP pada tahun 2005. Game ini bergenre Puzzle-Maze, sama seperti yang terdahulunya di platform Arcade dan ini memang sejatinya remake dari seri Pac-Man tahun 1980. Untuk rating usianya game ini memang cocok untuk semua kalangan (Everyone). Kalau sobat ingin memainkan game ini, game ini tersedia hanya dalam ROM Collection, yang artinya game ini tersedia dalam kemasan paketan bersama game lainnya baik satu seri game Pac-Man maupun dengan seri game lainnya, dan tidak tersedia dalam satuan seri game.







Storyline

Untuk storyline seri Pac-Man Arrangement ini tak beda jauh dengan sesepuhnya, hanya bertujuan untuk menghabiskan pil demi pil untuk mengejar skor tertinggi karena sejatinya game ini merupakan game arkade yang hanya menuntut skor di permainannya, menghindari ghost dan jika memakan pil power bisa melawan dan memakan para ghost itu. Namun di seri ini ada tambahan sedikit plot cerita dimana saat kita berhasil mencapai Final Boss, semua hantu-hantu tersebut bakal berkumpul dan bergabung didalam robot Giant Ghost untuk kita lawan di stage tersebut, cara kita melawannya yaitu tetap dengan cara memakan pil yang akan meledakkan robot itu. Game ini juga mempunyai 23 level dan salah satunya level Final Boss. Oke untuk Kedepannya saya akan bahas ghost-ghost dan karakter lainnya di game Pac-Man dan juga item-item menarik yang ada di game ini.







Gameplay

Untuk gameplay Pac-Man Arrangement ini bisa dibilang cukup simple, kita cuma dituntut memainkan D-Pad 4 arah dan tombol A dan Start sebagai pemilihan opsinya. Untuk pergerakan si karakter utama Pac-Man bisa dikatakan sangat dinamis untuk seluruh game bergenre Maze sekelasnya, karena sensasi saat berbelok atau memutar arah serasa bermain dengan analog atau joystick sesuai pengalaman bermain saya pribadi padahal saya hanya bermain di emulator android. Di seri ini tidak ada batasan credits yang jika kita game over akan selesai dan game ini termasuk unlimited credits, jadi jika kita sudah jauh bermain tapi kita kalah kita bisa melanjutkan permainan untuk level yang selanjutnya, walaupun begitu kita diberi jatah nyawa sebanyak 3x. Untuk tingkat kesulitan, di awal bisa dibilang mudah namun seiring naik stage musuh-musuh akan semakin cerdik. gesit, dan liar, untuk power pil nya juga kian tinggi stage nya kian sebentar juga efeknya, yang mengharuskan kita untuk segera bergegas memakannya atau tinggalkan saja hantu tersebut. Dan juga di game ini sudah ada panel-panel yang berbeda dari biasanya seperti panel dash untuk efek cepat dan panel jump untuk melompat ke panel jump lainnya.







Audio-Video

Untuk soundnya sangat berkesan modern untuk game Pac-Man, dengan music dan SFX keren yang membuat kita makin semangat bermainnya. Untuk grafiknya sendiri, game ini sudah terkesan 3D, ingat yaa baru terkesan belum seluruhnya 3D. Grafik cukup manis dan nyaman dilihat, tidak berlebihan porsinya, dan jadi makin kece karena kita disuguhkan world-world yang apik dan berbeda di tiap stage nya. Efek-efek visualnya juga bisa dibilang sudah sedikit realistis.





Plus-Minus

Oke kita masuk ke sesi kelebihan dan kekurangannya, ini juga bisa diukur dari game sekelasnya, langsung saja simak dibawah ini:

Kelebihan:
• Grafik keren, sudah setara 3D.
• Soundnya joss banget, sangat memicu semangat saat bermain.
Unlimited credits, jadi sobat bisa puas bermain sampai kapanpun tanpa khawatir game over dan mengulang game dari awal lagi.
• Banyak karakter musuh baru, walau awalnya sama saja seperti seri yang lain, tetapi para ghost itu bisa berkolaborasi dan menciptakan monster baru yang memberikan sensasi berbeda.
• Kontrol sangat dinamis dan fleksibel, walaupun game simple tapi pas dimainkan dijamin memuaskan dan bikin addict.
• Cocok untuk hiburan disela-sela waktu.

Kekurangan:
• Level sedikit dan cepat tamatnya, jadi bagi sobat yang sangat suka game berstoryline panjang dan berbobot game ini sangat jauh dari harapan sobat semua, tapi game ini sangat cocok untuk just for fun dan mengisi waktu luang sobat semua dikala suntuk.
• Efek power nya sebentar, jadi disaat sobat memakan pil power, efek biru pada ghostnya sangat sebentar dibanding seri yang lainnya jadi kita dituntut harus lebih gesit dari mereka
• Adanya satu glitch di level 14, saya sudah +6 kali menamatkan game ini tapi pas tadi malam saya menemukan satu glitch, dimana saat saya memakan pil power dan kebetulan salah satu ghost menaiki panel jump maka saat itu juga ghost tersebut glitch tetapi itu hanya sekejap, saya harap itu bukanlah masalah besar dan itu hanya kebetulan saja (maaf gak sempat discreenshot).







Kesimpulan

Kesimpulan dari game ini, game ini sangat direkomendasikan untuk sobat download dan mainkan karena sangat cocok untuk dijadikan alternatif pengisi waktu luang dan bisa juga untuk memainkan game ini secara serius dan berulang-ulang karena tidak akan membosankan, jujur saya sendiri sangat addict dengan game ini padahal di android saya banyak juga game yang jauh lebih canggih dari game ini.







Oke sampai disini dulu pembahasan kita mengenai game "Pac-Man Arrangement" ini, tenang saja saya bakal mengulas seputar game lebih lengkap lagi dikemudian hari. Pantengin terus blog NostalGames.id ini yaa sobat!

Salam NostalGames \m/

b